Manfaat dan Pentingnya Domain .ID

Saat Anda ingin mengembangkan sebuah bisnis dengan membuat blog/website baru, maka Anda tentu membutuhkan domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat IP server komputer di internet. Sampai saat ini, nama domain berkembang pesat dan sangat banyak jumlahnya. Salah satunya dengan adanya domain.id khusus Indonesia. Domain.id merupakan nama domain yang digunakan untuk mengidentifikasi individu atau institusi di internet yang berasal dari Indonesia.


 Pemerintah Indonesia pun kini sedang gencar-gencarnya mempromosikan penggunaan domain.id untuk situs-situs di Indonesia. Seperti yang diketahui, di Indonesia sendiri masih jarang dijumpai situs yang menggunakan domain.id. Hal ini disebabkan karena dari dulu umumnya orang-orang menggunakan domain.com maupun .net yang sudah mendunia. Padahal, menggunakan domain.id termasuk hal yang penting dan memiliki banyak manfaat. Berikut kami akan membahas beberapa diantaranya:

 

1. Menunjukkan Rasa Cinta Pada Indonesia
Seperti yang telah dibahas di atas, domain.id hanya bisa dimiliki oleh warga negara di Indonesia atau badan usaha yang bergerak di Indonesia. Hal ini tentu membuat Indonesia dapat memperkenalkan kepada dunia bahwa negara ini memiliki domain sendiri yaitu .id. Dengan menggunakan domain.id akan menunjukkan bahwa Anda bangga terhadap Indonesia. Selain bangga dan menunjukkan rasa cinta pada Indonesia, Anda juga membantu Indonesia menjadi lebih baik dimata dunia.
 

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Keamanan
Dalam melakukan proses pendaftaran menggunakan domain.id harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Hal ini lah yang membuat domain.id dapat meningkatkan kepercayaan dan keamanan, terutama dalam hal bisnis. Untuk mendaftar ke domain.id membutuhkan syarat yaitu scan ktp, surat izin usaha dan tanda pengenal lainnya. Maraknya kasus penipuan pun kini dapat dihindari dengan menggunakan domain.id.


 3. Membantu Penghematan Bandwidth Internasional
Bagi orang-orang dari luar yang akan mengakses situs-situs dalam negeri memang masih menggunakan bandwidth internasional, namun dengan menggunakan domain.id maka mayoritas transaksi tetap terjadi di dalam negeri. Penghematan bandwidth yang dimaksud tersebut teorinya akan terjadi saat resolving DNS (Domain Name Server), yaitu ketika sistem melakukan “pencarian” lokasi sesungguhnya dari situs tersebut.

 

4. Akses lebih cepat
Pemakaian domain.id juga dapat mempercepat akses sebab server DNSnya berada di Indonesia sendiri. Jadi, ketika ada komputer atau perangkat mobile dari Indonesia yang memanggil situs web dengan domain.id, aksesnya akan lebih mudah dan cepat.


 5. Ramah SEO (Search Engine Optimization)
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) telah melakukan sebuah pengujian. Hasilnya, situs web dengan domain.id terbukti berada di peringkat atas untuk banyak kata kunci. Itulah mengapa domain.id lebih ramah terhadap SEO. Hal Itu juga tergantung pada bagaimana strategi pengelola situs web dalam mengoptimalkan SEO.

 

6. Terhindar Dari Konten Negatif
Menggunakan domain.id dapat mengurangi adanya konten negatif. Pengguna yang memiliki domain.id tentu datanya sudah tercatat, sehingga bisa langsung dihubungi oleh pengelola domain jika situsnya memuat konten-konten negatif. Jika kontennya negatif namun bukan pornografi atau mungkin perjudian, biasanya pengelola domain akan memberikan waktu lima hari kepada pemilik situs untuk menghapus konten yang bermasalah tersebut.
 

Selain enam manfaat dan pentingnya domain.id di atas, masih banyak kelebihan lain yang tentu akan sangat menguntungkan. Semoga artikel ini bisa membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan domain kebanggaan bangsa Indonesia ini.

 

sumber:

https://woroanyar.com